TunasWeb


Apa sih startup Bisnis Digital itu?

Senin, 17 Agustus 2015 - 22:01:18 WIB  | oleh: Administrator | dibaca: 454

TunasWeb,

Menurut wikipedia Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi, yang sebagian besarnya merupakan perusahaan baru didirikan, berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Definisi tersebut mungkin lebih pada peristilahannya, maknanya kurang lebih startup adalah perusahaan baru yang sedang dikembangkan.

Startup sebetulnya lebih condong kepada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan website. Namun bukan melulu mengenai jasa pembuatan aplikasi / website semata. Bukan itu. Ada beberapa karakter yang umum ditemui di startup. Yang jelas saat ini istilah startup merupakan label yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan berkenaan dengan dunia teknologi dan internet.

Startup Di Bumi Indonesia
Di Indonesia pun beberapa startup yang familiar seperti kaskus.co.id, urbanesia.com, nulisbuku.com, mindtalk.com dan banyak lagi. Masing-masing startup memiliki tema sendiri-sendiri. Sebagai contohnya Aulia Halimatussadiah yang menggarap nulisbuku.com berawal dari masalah akan kesulitannya para penulis yang akan menerbitkan bukunya, ditemui dengan berbagai birokrasi yang merepotkan, pada akhirnya membuat Aulia Halimatussadiah membuat nulisbuku.com solusi atas permasalah penerbitan buku, dan membuat penulis menjadi lebih diuntungkan.

Di Indonesia terdapat banyak komunitas yang mendiskusikan masalah startup, mulai yang tingkatnya nasional hingga regional Seperti Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com), Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com), Depok Digital (depokdigital.net), Ikitas (ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang, Stasion (stasion.org) wadah Startup lokal kota Malang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan googling.

Apa Keuntungan Mendirikan Startup Sendiri ?
Saya akan membuat sebuah perumpamaan. Anda membangun sebuah taman bermain untuk anak-anak, di dalamnya ada fasilitas taman bacaan, taman rekreasi, dan banyak lagi yang lainnya, kemudian Anda sediakan free untuk semua anak. Apa yang terjadi? Banyak yang datang bukan? Ribuan Anak yang datang. Apalagi jika Anda membeli DUFAN lalu menggratiskannya. :D.

Yang jelas ketika Anda membuat startup sendiri, membuat website yang spesifik, orang merasa website ini bermanfaat, terlebih lagi ketika website tersebut memberikan solusi atas suatau masalah yang ada di sekeliling orang, dan orang-orang tersebut memberitahukan kepada lebih banyak orang lagi bahwa ada website yang sangat bermanfaat dan patut diikuti terus. Dari sinilah visitor berdatangan.

Visitor berdatangan ibarat sebuah pasar. Ketika banyak orang berkumpul kemungkinan besar banyak orang juga yang berjualan. Nah disinilah Anda bisa jadikan tempat berkumpulnya orang-orang untuk berjualan. Anda bisa berjualan apapun tentunya sesuai dengan tema website, terkategorisasi.



Artikel

Bank Pembayaran