TunasWeb


Orang IT Kerja Nggak Perlu Kantor

Senin, 17 Agustus 2015 - 21:52:01 WIB  | oleh: Administrator | dibaca: 448

TunasWeb,

Apa yang di idam-idamkan oleh kebanyakan orang pada umumnya? Menurut Anda apa ? Gaji tinggi tiap bulan? Nggak perlu pulang pergi ngantor, cukup kerja di rumah?

Bekerja sesuai keinginan, kapanpun, di manapun, tidak terikat tempat, yang penting target/deadline tercapai. Atau malah tidak ingin terikat waktu dalam bekerja? Semua orang menginginkannya bukan? Anda? Surga banget ya. Seolah-olah bernafas pun dibayar.

Namun apakah mungkin hal ini terjadi bagi Anda yang saat ini sedang bekerja kantoran, atau baru lulus kuliah / fresh graduate dan sedang cari pekerjaan? Tidak hanya mungkin, tapi hal ini sudah banyak yang melakukan dan sukses karena hal tersebut. Sebut saja Mark Zuckerberg, tidak sampai beres kuliah sudah jadi milyarder sukses. Terlalu muluk-muluk ?

Bagaimana dengan Andrew Darwis dengan kaskusnya, 1,9 Triliun penghasilan kaskus setiap bulannya, dari iklan. Apa masih muluk-muluk juga? Kalo Aulia Halimatussadiah pendiri nulisbuku.com apakah Anda kenal? Konsep sistem penerbitan buku yang cukup sederhana, namun sudah lebih dari 20.000 buku terjual tahun lalu.

Bagaimana dengan Herman Yudiono? Anda mengenalnya? Sepertinya tidak terlalu mengenal. Ya kan? Mas Herman, adalah blogger yang cukup terkenal di kancah blogger nusantara, ia telah mendapatkan 620jt dalam 3 tahun terakhir. Sekitar 17jt-an perbulannya. Hanya dari blogging saja.

Muncul kembali pertanyaan, bagaimana sih caranya kerja nggak perlu ngantor + gaji tinggi tiap bulan? Selain yang sudah disebutkan tadi, sebetulnya masih banyak peluang bagi Anda penggiat IT untuk bisa mandiri, tidak perlu repot-repot pergi ngantor, kerja di bawah satu institusi, melainkan Anda bangun sendiri "alat penghasil uang otomatis".

Paling tidak ada 5 cara yang bisa Anda lakoni dari sekarang, dan sudah banyak yang melakukannya, meski begitu tetap saja peluangnya sampai kapanpun masih tetap besar sekali, karena banyak orang membutuhkan banyak hal yang berbeda-beda. Maksudnya bagaimana sih? Meski facebook dan twitter sama-sama sosial media, tapi keduanya unique. Berbeda.

Begitu juga meski banyak portal berita, tapi toh banyak juga blogger yang menghasilkan pundi-pundi rupiah jutaan hingga puluhan juta hanya dari portal berita, namun tetap harus unique penyajian. Berikut jenis cara yang bisa Anda pilih, menggiring Anda untuk lepas dari mindset "ngantor harus ke luar rumah". Tinggal pertanyaannya adalah, apakah Anda mau melakukannya, atau masih ada pernyataan "sayah mah apah atuh", dan merasa terlalu muluk-muluk? Lebih baik Anda tidak meneruskan membaca artikel ini. Karena apa yang ada di sini semuanya sudah sering terjadi, termasuk saya sendiri mengalaminya.


1. Jadi Startup Founder
Di awal sudah saya sebutkan facebook, kaskus, nulisbuku, dan banyak lagi. Semuanya adalah startup yang memiliki perannya masing-masing. Jika Anda seorang programmer handal, silahkan cari tim yang juga ahli dalam membuat desain grafis dan desain interface, juga seorang digital marketing. Karena hal tersebut sangat membantu Anda untuk menyukseskan startup yang Anda buat. Namun ada juga yang masih menanyakan apa itu startup dan apa keuntungannya? 

2. Jadi Blogger
Nah ini dia pilihan yang juga harus Anda ambil. Jika Anda mengikuti forum ads-id.com, dan mengikuti perkembangan blogging di Indonesia, atau silahkan lihat video ini https://www.youtube.com/watch?v=RYPJkFDwAcc . Kampung blogger, dengan anggotanya yakni ibu rumah tangga dengan penghasilan 9jt perbulan. Atau yang sudah saya sebutkan tadi, yakni Mas Herman Yudiono, blogger dengan penghasilan 17jt perbulan rata-ratanya. Bagaimana caranya blogger memiliki penghasilan jutaan hingga puluhan? Silahkan browsing, ilmuwebsite.com pun sudah tersedia artikel penunjang blogging.

3. Jadi Freelancer Project
Mulai banyak bermunculan website-website penyedia lowongan freelancer. Anda tidak perlu ngantor untuk bisa mendapatkan uang dari pengerjaan project, tinggal bid saja salah satu project yang disediakan di website-website seperti sribulancer.com, selebihnya silahkan cari penyedia job freelancer. Seperti yang dilakukan kawan-kawan dari desainer kampung https://www.youtube.com/watch?v=RTNDhMnHS0U, dan teman-teman di kerja remote https://www.facebook.com/groups/kami.kerja.remote/.


4. Ciptakan Produk Digital Karya Sendiri
Sedikit berbeda dari startup, yang ini bisa dijual putus. Produk digital menurut ratakan itu terbagi menjadi :
Ebook (biasanya dalam format PDF atau Kindle)
video (biasanya dalam format MP4 atau FLV)
software (biasanya dalam format exe atau air)
Musik MP3 (dalam format MP3)
Tiket Online (dalam format kode atau email)
Aplikasi (Android apps atau iPhone apps)

Anda bikin sekali jualnya berkali-kali. Dari pada menjual sendiri, Anda bisa jual di marketplace produk digital, dan banyak lagi...



Artikel

Bank Pembayaran